Pengertian dan Cara Mengobati Jantung Lemah

Kardiomiopati atau dikenal sebagai jantung lemah merupakan penyakit yang berhubungan dengan otot jantung. Penderita jantung lemah memiliki kelainan pada struktur dan fungsi otot jantungnya. Terdapat dua jenis penyakit jantung lemah, yakni jantung lemah primer dan jantung lemah sekunder. Penderita jantung lemah primer tidak memiliki masalah jantung koroner, hipertensi, maupun kelainan katup jantung. Sementara jika jantung lemah muncul dari penyakit jantung lainnya, maka disebut jantung lemah sekunder.

Pengobatan dokter jantung untuk mengatasi jantung lemah

Pengertian dan Cara Mengobati Jantung Lemah

Hingga kini, penyakit jantung lemah tidak bisa disembuhkan secara total. Namun, ada metode pengobatan yang dapat mengedalikan gejala yang muncul. Selain itu, pengobatan juga bisa mencegah pasien mengalami komplikasi. Ada beberapa cara yang dilakukan dokter jantung untuk mengobati jantung lemah. Cara yang digunakan akan disesuaikan dengan gejala yang muncul.  Berikut beberapa metode pengobatan yang dilakukan berdasarkan jenis jantung lemah yang diderita.

  1. Dilated cardiomyopathy

Penderita lemah jantung jenis ini diberikan obat-obatan untuk mengontrol irama jantung. Selain itu, obat yang diberikan juga bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penggumpalan darah. Apabila diperlukan, pasien juga akan diberikan alat pacu jantung.

  1. Hypertrophic cardiomyopathy

Seperti dilated cardiomyopathy, hypertrophic cardiomyopathy juga ditangani dengan pemberian obat. Tujuannya ialah agar mengurangi tenaga pompa jantung. Selain obat-obatan, lemah jantung jenis ini juga bisa diobati melalui operasi septal myectomy. Dokter memotong sebagian otot dinding jantung yang menebal agar aliran darah berjalan lancar.

  1. Restrictive cardiomyopathy

Kondisi ini mengharuskan dokter memantau asupan garam, air, dan berat badan pasien. Untuk itu, pasien dianjurkan menggunakan obat-obatan yang menambah intensitas buang air kecil. Selain itu, pasien juga akan diberikan obat untuk mengontrol tekanan darah dan mengatur irama jantung.

  1. Arrhythmogenic right ventricular cardiomyopathy

Metode ini dilakukan dengan pemberian resep dan pemasangan ICD. Selain itu, dapat dilakukan juga penghancuran sebagian kecil jaringan jantung yang tidak normal.

  1. Ventricular assist devices (VAD)

Pengertian dan Cara Mengobati Jantung Lemah

Metode ini memasang alat yang berfungsi melancarkan sirkulasi darah di jantung. Pemasangan alat bisa dilakukan untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

  1. Transplantasi jantung

Metode ini merupakan pilihan terakhir jika semua prosedur tidak lagi efektif. Pada kondisi ini, pasien lemah jantung juga telah mengalami gagal jantung tahap akhir.

Top

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *